AS Batalkan Perbaikan Kapal Induk USS Bonhomme yang Terbakar, Terancam Jadi Besi Rongsokan

Arif Budiwinarto ยท Selasa, 01 Desember 2020 - 10:07:00 WIB
AS Batalkan Perbaikan Kapal Induk USS Bonhomme yang Terbakar, Terancam Jadi Besi Rongsokan
USS Bonhomme Richard terbakar hebat saat menjalani perawatan rutin di Pangkalan AL San Diego pada Juli lalu. (foto: US Navy)

SAN DIEGO, iNews.id - Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat memutuskan membatalkan usulan anggaran perbakian kapal induk USS Bonhomme Richard yang terbakar hebat. Ketimbang merenovasi kapal tersebut, AL mempertimbangkan untuk membongkarnya.

Kapal induk berjenis serbu amfibi yang dapat mengangkut jet tempur F-35B itu terbakar hebat saat tengah dilakukan perawatan rutin di Pelabuhan San Diego pada Juli lalu. Kebakaran tersebut tercatat sebagai insiden paling mahal dalam sejarah AL modern.

Pejabat AL Amerika Serikat mengatakan, pemulihan kapal induk itu akan menelan biaya 2,5-3,2 miliar dolar AS dan memakan waktu lima hingga tujuh tahun. Sebab, sekitar 60 persen infrstruktur kapal perlu diganti.

"Setelah penilaian material ekstensif di mana berbagai tindakan dipertimbangkan dan dievaluasi, kami sampai pada kesimpulan bahwa kami tidak bertanggung jawab secara fiskal untuk memperbaikinya," kata Sekretaris Angkatan Laut Kenneth Braithwaite dikutip dari CNN, Selasa (1/12/2020).

AL pertimbangkan opsi lain, namun biayanya tetap mahal

AL sempat mempertimbangkan sejumlah opsi untuk mengubah sisa-sisa USS Bonhomme Richard menjadi jenis kapal lain, seperti kapal

Editor : Arif Budiwinarto