AS Bikin Kapal Perang Tak Berawak untuk Hadapi China

Anton Suhartono ยท Kamis, 17 September 2020 - 08:53 WIB
AS Bikin Kapal Perang Tak Berawak untuk Hadapi China

Mark Esper (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat (AS) terus berupaya mengalahkan kekuatan Angkatan Laut (AL) China dengan menambah armada maritim, termasuk penggunaan teknologi canggih.

Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengumumkan rencana ambisius memperluas kemampuan AL dengan berbagai kapal tak berawak, kapal selam, serta pesawat.

Hasil tinjauan menyeluruh atas kekuatan AL AS, kata Esper, menetapkan perluasan armada AL AS menjadi lebih dari 355 kapal, dari 293 aramada saat ini. Rencana tersebut bertujuan mempertahankan keunggulan atas AL China yang dipandang sebagai ancaman utama bagi AS.

"Armada masa depan akan lebih seimbang dalam kemampuan memberikan efek mematikan dari udara, laut, dan bawah laut," kata Esper, dikutip dari AFP, Kamis (17/9/2020).

Dia memaparkan, armada AL akan lebih banyak namun ukurannya lebih kecil.

"Lebih banyak kapal selam, kapal permukaan dan di bawah permukaan berawak opsional, kapal tak berawak dan otonom, serta berbagai macam pesawat berbasis kapal induk tak berawak," ujarnya.

Armada kapal ini akan meningkatkan kemampuan dalam bertahan dari konflik berintensitas tinggi serta melakukan serangan presisi pada jarak sangat jauh.

Esper mencontohkan kapal fregat baru berpeluru kendali dengan kemampuan serang mematikan serta mampu bertahan.

Dia juga mengatakan sedang menguji coba kapal nirawak trimaran sepanjang 40 meter di Sea Hunter. Kapal itu berkemampuan mendeteksi pergerakan kapal selam musuh selama 2 bulan nonstop.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua