AS Ganti Nama Akun Twitter Kantor Misi Diplomatik untuk Palestina, Pertanda Apa?

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 09 Juni 2022 - 19:30:00 WIB
AS Ganti Nama Akun Twitter Kantor Misi Diplomatik untuk Palestina, Pertanda Apa?
Tangkapan layar akun Twitter kantor misi diplomatik As untuk Ukraina yang diambil pada Kamis (9/6/2022) pukul 19.20 WIB. (Foto: Istimewa)

WASHINGTON DC, iNews.id – Akun Twitter misi diplomatik AS untuk Palestina di Yerusalem menggunakan nama baru pada Kamis (9/6/2022). Hal itu menjadi pertanda meningkatnya hubungan Washington DC dengan Palestina, menjelang kunjungan Presiden Joe Biden yang telah direncanakan ke negara Arab tersebut.

Sebelumnya, AS menggunakan nama “Palestinian Affairs Unit” (PAU) alias Unit Urusan Palestina pada Kedutaan AS. Kini, nama itu diganti menjadi “US Office of Palestinian Affairs in Jerusalem” atau Kantor Urusan Palestina AS di Yerusalem pada akun Twitter resmi kedutaan, yakni @USPalAffairs.

Juru bicara Pemerintah AS belum memberikan komentar terkait perubahan nama itu. Namun, sebelumnya para pejabat Palestina mengutarakan harapan mereka untuk menjamu utusan senior Departemen Luar Negeri AS, Hady Amr, pada Kamis ini di Ramallah—yang menjadi pusat pemerintahan Palestina di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Sebelum menjadi Unit Urusan Palestina, misi diplomatik Washington DC untuk negara itu dulu bernama Konsulat AS di Yerusalem. Mantan Presiden Donald Trump membuat orang-orang Israel bersorak gembira dengan secara resmi menutup konsulat itu.

Trump kemudian menurunkan status kantor misi diplomatik untuk Palestina sebagai PAU di dalam Kedutaan Besar AS yang dipindahkan ke Yerusalem dari Tel Aviv pada 2018. Langkah Trump itu membuat marah rakyat Palestina.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda