AS Izinkan Vaksin Covid Pfizer Digunakan pada Anak-Anak Berusia 12 Tahun

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 11 Mei 2021 - 08:16:00 WIB
AS Izinkan Vaksin Covid Pfizer Digunakan pada Anak-Anak Berusia 12 Tahun
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin Covid dari Pfizer untuk disuntikkan kepada penerima (ilustrasi). (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Regulator AS pada Senin (10/5/2021) mengesahkan izin penggunaan vaksin Covid-19 buatan Pfizer dan BioNTech pada anak-anak berusia 12 tahun. Langkah tersebut bakal memperluas cakupan program vaksinasi di negara itu.

Vaksin Pfizer telah sebelumnya telah mendapat izin penggunaan darurat (EUA) untuk orang-orang berusia 16 tahun di Amerika Serikat. Produsen vaksin itu mengungkapkan, mereka telah memulai proses untuk memperoleh persetujuan penuh penggunaan vaksin pada usia tersebut pekan lalu lalu.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyatakan sedang mengubah EUA untuk memasukkan jutaan anak berusia 12 hingga 15 tahun di negeri Paman Sam. Dengan begitu, vaksin corona buatan Pfizer dan BioNTech menjadi vaksin Covid pertama yang disahkan di Amerika Serikat untuk kelompok usia tersebut.

Keputusan FDA itu dipandang sebagai langkah penting untuk mengembalikan anak-anak ke sekolah dengan aman. Presiden AS Joe Biden telah meminta semua negara bagian untuk segera menyediakan vaksin bagi kelompok remaja awal itu.

“Langkah hari ini memungkinkan penduduk yang lebih muda untuk terlindungi dari Covid-19, membawa kita lebih dekat untuk kembali ke suasana normal dan mengakhiri pandemi,” kata Penjabat Komisaris FDA, Dr Janet Woodcock, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, Selasa (11/5/2021) WIB. 

Kebanyakan anak dengan COVID-19 hanya mengalami gejala ringan atau tidak menunjukkan gejala sama sekali. Namun, anak-anak bukannya tanpa risiko menjadi sakit parah, dan mereka masih bisa menyebarkan virus. Ada wabah yang ditelusuri ke acara olahraga dan aktivitas lain untuk anak-anak dalam rentang usia ini.

Ilmuwan vaksin terkemuka di Pfizer, Dr William Gruber mengatakan, perluasan EUA akan membantu AS mencapai kekebalan lebih lanjut dan melindungi kelompok usia yang belum sepenuhnya terhindar dari penyakit parah.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2