AS: Korut Tak Tertarik Pertemukan Kim Jong Un dengan Joe Biden

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 20 Mei 2022 - 06:14:00 WIB
AS: Korut Tak Tertarik Pertemukan Kim Jong Un dengan Joe Biden
Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un. (Foto: KCNA)

WASHINGTON DC, iNews.idAmerika Serikat tidak melihat adanya minat Pyongyang untuk mengadakan pertemuan puncak bilateral antara Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dan Presiden AS Joe Biden. Hal itu diungkapkan oleh Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan, Kamis (19/5/2022).

“Saya tidak melihat indikasi apa pun mengenai hal itu (pertemuan Kim-Biden),” kata Sullivan dalam jumpa pers di Gedung Putih, ketika ditanya wartawan. 

Menurut Sullivan, Korea Utara belum menunjukkan kesediaan untuk terlibat dalam diplomasi yang berarti atau dialog yang konstruktif dengan Amerika Serikat.

Sebelumnya pada hari yang sama, Biden dan Sullivan berangkat ke Korea Selatan untuk bertemu dengan Presiden Yoon Suk Yeol. Keduanya lalu akan bertolak menuju Jepang pada Minggu (22/5/2022) untuk bertemu dengan para pemimpin Jepang, Australia, dan India.

Pada Rabu (18/5/2022) lalu, Sullivan mengatakan, ada kemungkinan Korut akan melakukan uji coba rudal balistik atau bahkan uji coba nuklir dalam jangka waktu kunjungan Biden ke Korsel dan Jepang. 

Dia menambahkan, AS telah berkoordinasi erat dengan Korea Selatan dan Jepang, serta Cina, tentang masalah ini.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda