AS Makin Khawatir akan Persiapan Rusia untuk Invasi Ukraina

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 15 Januari 2022 - 02:17:00 WIB
AS Makin Khawatir akan Persiapan Rusia untuk Invasi Ukraina
Seorang tentara Rusia sedang bersiaga di perbatasan negara itu dengan Ukraina, November lalu. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – AS makin khawatir akan persiapan Rusia untuk menginvasi Ukraina, jika jalur diplomasi gagal memenuhi tujuan Moskow. Kekhawatiran itu diungkapkan salah satu pejabat AS, Jumat (14/1/2022).

Menurut dia, Rusia bisa saja sedang mempersiapkan invasi ke Ukraina dengan berbagai dalih. Hal itu dapat mengakibatkan meluasnya pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dan kejahatan perang.

“Sebagai bagian dari rencananya, Rusia meletakkan dasar untuk memiliki opsi mengarang-ngarang alasan untuk invasi, termasuk melalui kegiatan sabotase dan operasi informasi, dengan menuduh Ukraina mempersiapkan serangan segera terhadap pasukan Rusia di Ukraina Timur,” kata pejabat yang berbicara dengan syarat anonim itu kepada Reuters.

Sementara itu, Ukraina telah mengusulkan pembicaraan tiga arah dengan Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin di tengah kekhawatiran akan invasi Moskow tersebut. Usulan perundingan itu diungkapkan oleh seorang ajudan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Jumat.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: