Joe Biden Kembali Ancam Putin: Rusia Akan Membayar Mahal jika Ganggu Ukraina

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 01 Januari 2022 - 10:31:00 WIB
Joe Biden Kembali Ancam Putin: Rusia Akan Membayar Mahal jika Ganggu Ukraina
Presiden AS Joe Biden. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Presiden AS Joe Biden kembali mengancam Presiden Rusia Vladimir Putin terkait situasi di Ukraina. Dalam pembicaraan telepon antara kedua pemimpin dunia itu, Kamis (30/12/2021) waktu AS, Biden mengingatkan bahwa AS tidak akan segan-segan menjatuhkan sanksi terhadap Moskow jika berani mengganggu Ukraina.

“Saya menjelaskan kepada Presiden Putin bahwa jika dia membuat langkah lagi, jika dia pergi ke Ukraina, kami (AS) akan memberikan sanksi berat. Kami akan meningkatkan kehadiran kami di Eropa, dengan sekutu NATO kami, dan akan ada harga yang harus dibayar untuk itu,” kata Biden kepada wartawan di AS, dikutip Reuters, Sabtu (1/1/2022) WIB.

Biden mengatakan, Putin sepakat bahwa Rusia bakal mengikuti “tiga pertemuan besar” yang digelar bulan depan dengan para staf senior AS, untuk membantu menemukan resolusi terkait isu keamanan di Eropa. Dia pun mengharapkan kemajuan dari semua negosiasi itu. “Saya jelaskan (kepada Putin), bahwa (kemajuan) itu hanya bisa dicapai jika dia mengurangi eskalasi (di Ukraina),” ucap Biden.

Tiga pertemuan besar yang akan melibatkan para pejabat AS dan Rusia bulan depan itu antara lain mencakup pertemuan keamanan AS-Rusia pada 9-10 Januari. Selanjutnya, pertemuan itu disusul sesi Rusia-NATO pada 12 Januari, dan; konferensi yang lebih luas termasuk yang menghadirkan perwakilan Moskow, Washington DC, dan negara-negara Eropa lainnya pada 13 Januari.

Ketegangan antara Rusia dan Ukraina terus meningkat menyusul penumpukan pasukan militer Rusia di perbatasan kedua negara.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: