AS: Rusia Harusnya Tidak Berpikir NATO Lakukan Provokasi 

Umaya Khusniah · Jumat, 01 Juli 2022 - 13:02:00 WIB
AS: Rusia Harusnya Tidak Berpikir NATO Lakukan Provokasi 
Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby. (Foto: AP Photo)

WASHINGTON, iNews.id - Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby mengatakan Rusia seharusnya tidak menganggap tambahan pasukan NATO di Eropa Timur sebagai provokasi. 

“Tidak ada alasan Putin perlu melihat perubahan postur kekuatan di sisi timur NATO sebagai provokasi. NATO akan selalu menjadi aliansi pertahanan,” kata Kirby, Jumat (1/7/2022).

Dia menambahkan, penambahan pasukan itu merupakan tanggapan yang sah yang dilakukan oleh sebuah aliansi defensif terhadap agresi Rusia di Ukraina.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden pada Rabu (29/6/2022) mengatakan akan lebih banyak pasukan yang akan dikirim ke Polandia, Rumania dan negara-negara Baltik. Tak hanya itu, NATO juga mengirimkan tambahan pesawat dan kapal AS.

“Alasan kami harus melakukan ini adalah karena Putin telah menjadi penyebab destabilisasi di benua itu. Putin memutuskan untuk menyerang negara tetangga yang berdaulat. Putin-lah yang agresor,” kata Kirby.

Pensiunan Laksamana Angkatan Laut AS yang meninggalkan pekerjaannya sebagai juru bicara Pentagon untuk pindah ke Gedung Putih itu juga berpendapat, NATO ingin konflik di Ukraina berakhir.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda