AS Sebut Belum Buat Penawaran Jet Tempur F-16 ke Turki

Anton Suhartono · Selasa, 19 Oktober 2021 - 05:45:00 WIB
AS Sebut Belum Buat Penawaran Jet Tempur F-16 ke Turki
Ned Price (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat (AS) belum mau berkomentar banyak soal pernyataan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang menyebutkan Negeri Paman Sam menawarkan penjualan F-16 sebagai pengganti program F-35. Seperti diketahui AS membatalkan program F-35 untuk Turki terkait pembelian rudal pertahanan S-400 dari Rusia.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan, pemerintahannya belum membuat tawaran pembiayaan F-16 sebagai pengganti investasi F-35 yang sudah dikeluarkan Turki.

“Kami akan merujuk Anda ke Pemerintah Turki untuk bicara tentang rencana pengadaan pertahanannya. Yang bisa saya katakan adalah Amerika Serikat belum membuat penawaran pembiayaan atas permintaan F-16,” kata Price, dikutip dari Reuters.

Dia menambahkan Departemen Pertahanan masih mencari solusi soal penyelesaian investasi F-35 dan Deplu tak akan memberikan penilaian soal itu.

“Departemen Pertahanan terus terlibat menyelesaikan perselisihan dengan Turki soal F-35, tapi saya tidak akan menilai hasilnya," ujarnya.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: