AS Sebut Jaringan Global ISIS Makin Luas dengan 20 Kelompok Afiliasi Baru

Anton Suhartono ยท Jumat, 18 September 2020 - 06:26:00 WIB
AS Sebut Jaringan Global ISIS Makin Luas dengan 20 Kelompok Afiliasi Baru
Christopher Miller (Foto: AFP)

ISIS juga berusaha untuk menyerang sasaran Barat, namun sejauh ini upaya kontra-teror yang efektif mampu mencegah upaya tersebut.

Sementara di dalam Irak dan Suriah, lanjut Miller, ISIS masih melakukan serangan dan pembunuhan yang stabil menggunakan metode bom bunuh diri, seperti operasi pada Mei yang menewaskan dan melukai puluhan tentara Irak.

Dia melanjutkan, ISIS juga membanggakan kesuksesan mereka dengan membuat video grafis sebagai propaganda untuk menunjukkan bahwa para anggotanya masih terorganisasi rapi serta aktif, setahun serelah kekhalifahan mereka rontok.

Lebih lanjut Miller mengungkap, kelompok tersebut saat ini fokus membebaskan ribuan anggota serta keluarga mereka dari kamp-kamp penahanan di Suriah. Parahnya saat ini tak ada upaya internasional yang terkoordinasi untuk mencegah tindakan tersebut.

Saingan ISIS, kata Miller, Al Qaeda juga masih kuat. Kelompok yang bertanggung jawab atas serangan 11 September di AS itu telah kehilangan pemimpin dan tokoh kunci, namun tetap kuat.


Editor : Anton Suhartono