AS Tarik Diri dari Kesepakatan Nuklir Iran, Ini Alasan Trump

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 09 Mei 2018 - 08:51:00 WIB
AS Tarik Diri dari Kesepakatan Nuklir Iran, Ini Alasan Trump
Presiden Donald Trump menunjukkan perintah eksekutif yang mengakhiri komitmen AS terhadap kesepakatan nuklir Iran 2015. (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Donald Trump memutuskan Amerika Serikat (AS) menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran. Dia menyebut kesepakatan itu sudah busuk dan memalukan baginya sebagai warga negara.

Trump juga menegaskan akan menerapkan kembali sanksi ekonomi terhadap Iran, yang dibatalkan ketika kesepakatan itu ditandatangani pada 2015.

"Saya mengumumkan hari ini bahwa Amerika Serikat akan menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran," kata Trump, dalam pidato di Gedung Putih, seperti dilansir AFP, Rabu (9/5/2018).

"Kami tidak dapat mencegah bom nuklir Iran di bawah struktur yang sudah rusak dan membusuk dari perjanjian ini," ujarnya.

Trump menambahkan, tak akan membiarkan AS diancam oleh negara yang pernah menyebut 'Death to America' itu.

"Kami tidak akan membiarkan kota-kota Amerika diancam dengan kehancuran dan kami tidak akan membiarkan rezim yang menyebut 'Death to America' untuk mendapatkan akses ke senjata paling mematikan di Bumi," katanya.

Trump pun membalas ancaman yang menyebut AS akan menyesal jika menarik diri dari kesepakatan. Dia menyebut Iran akan menghadapi masalah besar jika tetap melanjutkan pengembangan senjata nuklir.

"Jika rezim melanjutkan aspirasi nuklirnya, itu akan memiliki masalah yang lebih besar daripada yang pernah terjadi sebelumnya," ujar Trump.

Editor : Nathania Riris Michico