Australia Kemungkinan Tak Menerima Turis Asing Sampai 2021

Anton Suhartono ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 15:02 WIB
Australia Kemungkinan Tak Menerima Turis Asing Sampai 2021

Australia kemungkinan akan menutup perbatasan sampai 2021 (Foto: AFP)

SYDNEY, iNews.id - Australia kemungkinan tak akan menerima pengunjung asing, termasuk turis, sampai 2021 terkait pandemi virus coona. Namun pemerintah akan melonggarkan aturan bagi pelajar dan mereka yang akan tinggal dalam waktu lama.

Menteri Perdagangan Australia Simon Birmingham mengatakan, aturan karantina tetap diberlakukan bagi pelajar dan pemukim yang baru kembali ke negara itu.

Australia berhasil mengendalikan wabah di dalam negeri karena memberlakukan aturan ketat bagi pendatang, termasuk warganya yang baru pulang dari luar negeri, serta menerapkan jaga jarak.

“Kami telah memberlakukan aturan karantina selama 14 hari yang bekerja sangat baik memulangkan warga ke negara ini dengan aman,” kata Birmingham, dikutip dari Reuters, Rabu (17/6/2020).

Kembalinya para pelajar asing juga menjadi pendorong bagi kampus di Australia yang kini menghadapi kerugian keuangan cukup besar akibat penutupan perbatasan.

Pendidikan merupakan penghasil devisa terbesar keempat di negara itu, yakni menyumbang 38 miliar dolar Australia atau sekitar Rp364,4 triliun per tahun.

Australia sejauh ini mengonfirmasi 7.300 lebih kasus virus corona, sebanyak 102 di antaranya meninggal dunia.

Namun Negeri Kangguru mencatat lonjakan penambahan harian pada Rabu sejak sebulan terakhir. Sebagian besar penambahan kasus terjadi di Negara Bagian Victoria.

Victoria melaporkan 21 kasus baru dalam semalam, 15 di antaranya merupakan turis yang baru pulang. Mereka belum sempat berinteraksi dengan orang lain karena langsung menjalani karantina begitu tiba.

Editor : Anton Suhartono