Badai Landa Pantai Timur Australia, Beberapa Rumah Warga Terban ke Laut

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 18 Juli 2020 - 13:50 WIB
Badai Landa Pantai Timur Australia, Beberapa Rumah Warga Terban ke Laut

Ilustrasi badai. (Foto: AFP)

SYDNEY, iNews.id – Beberapa rumah di pinggir pantai timur Australia mulai tergelincir ke laut setelah badai liar menghantam garis pantai itu. Sejumlah warga Wamberal, sekitar 90 km di utara Kota Sydney, dievakuasi setelah personel darurat memperingatkan rumah mereka mungkin bakal terban lantaran gelombang setinggi 11 meter mempercepat erosi, media setempat melaporkan.

Kota kecil itu memiliki total penduduk sekitar 6.300 jiwa. Dua bangunan di Wamberal telah runtuh sebagian setelah erosi parah di sana. Sementara, satu bangunan lagi menderita kerusakan signifikan. Pemilik bangunan lainnya telah kehilangan tanah hingga mencapai ke tepi rumah mereka.

Biro Meteorologi Australia menyatakan, peringatan bahaya berselancar tetap berlaku di sebagian besar pantai New South Wales pada Sabtu (18/7/2020) ini, dengan risiko lebih banyak kerusakan pada pantai.

“Kami semua sangat cemas, takut, dan merasa rentan karena menghadapi situasi ini. Yang kami tahu, ini terjadi karena dinding revetment tidak dibangun,” kata salah satu warga Wamberal, Margaret Brice, dikutip Reuters, akhir pekan ini.

Dinding revetment adalah struktur permanen untuk mencegah erosi tanah yang ditempatkan di tebing atau jurang. Rencana untuk membangun satu dinding tersebu di Wamberal telah menjadi bahan perdebatan masyarakat selama satu dekade, ABC melaporkan.

Masalah itu telah memengaruhi kota itu sejak terjadinya badai pada 1974, ketika rumah-rumah di sepanjang pantai runtuh ke laut. “Saya sangat terpukul karena kita sekarang telah kehilangan pantai kita yang masih asli,” kata Brice.

Editor : Ahmad Islamy Jamil