Bak Kisah Sleeping Beauty, Remaja Ini Tertidur selama 2 Bulan

Anton Suhartono ยท Senin, 28 Oktober 2019 - 06:15 WIB
Bak Kisah  Sleeping Beauty, Remaja Ini Tertidur selama 2 Bulan

Putri tidur Sharik Tovar dirawat ibunya (Foto: CEN)

BOGOTA, iNews.id - Seorang remaja perempuan 17 tahun di Kota Acasias, Kolombia, dijuluki sebagai Sleeping Beauty. Sharik Tovar menderita sakit langka yakni sindrom Kleine Levin yang membuatnya tertidur selama 2 bulan.

Tak hanya tertidur lama, Tovar terkadang tak bisa mengingat apa pun, termasuk anggota keluarganya. Diketahui hanya ada sekitar 40 kasus sindrom Kleine Levin di seluruh dunia.

Ibunya, Marleny, setiap 2 jam harus memasukkan makanan yang sudah dibuat menjadi cair sebagai pasokan nutrisi untuk sang anak.

“Setelah episode 48 hari tidur pada Juni tahun lalu dia kehilangan ingatan sementara. Dia bertanya, sia saya,” kata Marleny, kepada Noticias Caracol, seperti dilaporkan kembali Mirror.

Marleny sudah meminta bantuan kepada layanan kesehatan nasional EPS Capital Salud, yakni untuk pasokan suplemen nutrisi. Meski tertidur, Tovar tetap membutuhkan makanan.

Selain itu Tovar juga menbutuhkan penanganan dari ahli saraf.

“Waktu maksimal dia tertidur adalah 2 bulan,” kata Marleny.

Penyakit ini sudah dialami Tovar sejak 2017. Sejak itu pula dia menyiapkan makanan dengan menu seperti layaknya orang sehat, namun diblender sehingga mudah dimasukkan ke tubuh Tovar.

Soal buang air, Marleny mengatakan tak memasang catheter pada Tovar karena dia masih bisa menanganinya.

“Saya belum pernah memasangkan catheter karena masih mampu menangani (kotoran),” katanya.

Keluarga juga pernah meminta bantuan kepada pemerintah kota setempat pada November 2017 untuk disediakan rumah karena Marleny harus berhenti kerja. Karena tak punya penghasilan tetap, dia tak sanggup lagi membayar kontrakan rumah.

Saat itu Wali Kota Acasias Orlando Guteirrez menjanjikannya sebuah rumah, namun sampai saat ini belum terwujud.

Saat dikonfirmasi, Guteirrez mengatakan saat itu dia sibuk dengan urusan lain. Dia mengatakan rumah bagi Marleny sedang dalam pembangunan, namun terkendala tangki di bawah tanah untuk persediaan air.

Sindrom Kleine Levin ditandai dengan terjadinyanperubahan kognitif atau suasana hati pada penderita. Biasanya penderita bisa tertidur selama lebih dari sepekan, bahkan kadang-kadang berbulan-bulan.

Belum diketahui apa yang menyebabkan sindrom ini, walaupun biasanya dimulai dengan infeksi virus.


Editor : Anton Suhartono