Bangga Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Putin: Kami Sukses di Segala Hal

Nathania Riris Michico ยท Senin, 16 Juli 2018 - 09:11 WIB
Bangga Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Putin: Kami Sukses di Segala Hal

Presiden Vladimir Putin bangga karena Rusia sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. (Foto: AFP)

MOSKOW, iNews.id - Presiden Vladimir Putin mengaku bangga karena Rusia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Setelah pertandingan final berakhir, Minggu (15/7/2018), Putin menilai Rusia sukses dalam segala hal.

"Kami sangat bangga dengan bagaimana kami menyelenggarakan turnamen ini. Kami membuat acara akbar ini sukses dalam segala hal," kata Putin, usai kemenangan Prancis melawan Kroasia, seperti dilaporkan AFP.

Rasa bangga atas kesuksesan Rusia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 itu secara khusus dia ungkapkan kepada rakyatnya.

"Kami melakukannya untuk para suporter, untuk Rusia yang bersemangat dalam olahraga, dan untuk semua orang yang mencintai olahraga di seluruh dunia," ujar Putin.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada para suporter asing yang datang ke Rusia.

Sebelum dimulai pada Juni lalu, ada kekhawatiran insiden kekerasan mengingat sempat terjadi bentrok antara fans Rusia dan Inggris selama turnamen Euro 2016 di Prancis.

"Para pendukung di Piala Dunia ini bagaimanapun menunjukkan olahraga dan sepak bola dapat membuat orang tidak saling membagi, dan tidak mengarah pada perkelahian dan perselisihan, tetapi menyatukan berdasarkan nilai-nilai bersama. Orang-orang mencoba menakut-nakuti kami dengan mengatakan Inggris akan datang dan melakukan hooliganisme. Tapi semua orang berperilaku dengan cara yang paling patut dicontoh," kata Putin.

Tak hanya itu, dia juga mengatakan pengunjung asing yang memegang ID suporter Piala Dunia memiliki visa bebas masuk ke Rusia untuk sisa 2018. Pada awalnya, visa mereka hanya berlaku hingga 25 Juli.

"Sekarang, suporter asing yang saat ini memiliki ID dapat mengambil manfaat untuk masuk ke nagara Federasi Rusia tanpa visa hingga akhir tahun," ujarnya.

Meskipun ada ketegangan diplomatik yang tinggi antara negara pimpinannya dengan Barat, para pejabat, tokoh sepak bola dunia, serta para pemimpin dunia memuji Rusia sebagai tuan rumah yang sukses menyelenggarakan Piala Dunia.

Laga final yang dihadiri Putin turut dihadiri Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic. Putin juga memberi selamat kepada kedua pemimpin negara.

"Skor 4-2 di final. Kedua tim luar biasa. Saya yakin semua orang menyukai cara mereka bermain, dan begitu juga saya," kata Putin.

Editor : Nathania Riris Michico