Banjir Besar Landa Korsel Paksa Ribuan Penduduk Mengungsi, Belasan Orang Tewas

Arif Budiwinarto ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 13:45 WIB
 Banjir Besar Landa Korsel Paksa Ribuan Penduduk Mengungsi, Belasan Orang Tewas

Banjir menutupi jalan utama di kota Seol, ibu kota Korea Selatan (foto:L AFP)

SEOUL, iNews.id - Hujan intensitas tinggi selama berhari-hari menyebabkan banjir di Korea Selatan. Lebih dari 1.000 orang terpaksa mengungsi, 13 orang meninggal dunia serta 13 orang lainnya dinyatakan hilang.

Otoritas berwenang melaporkan, pada Selasa (4/8/2020) banjir telah menenggelamkan lebih dari 5.571 hektar lahan pertanian dan menutupi jalan raya utama serta jembatan di ibu kota negara, Seoul.

Banjir juga menyebabkan tanah longsor yang memakan korban di beberapa wilayah, banyak kendaraan yang hanyut terbawa derasnya aliran banjir.

Dilansir dari Channel News Asia (CNA), Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dijadwalkan akan mengadakan pertemuan darurat hari ini setelah mendesak otoritas berwenang pusat dan pemerintah daerah bekerja maksimal guna mencegah lebih banyak korban.

Ribuan petugas telah dikerahkan di sebagian besar jalan dan jembatan di sepanjang aliran Sungai Han untuk membuka akses ke sejumlah infrastruktur yang rusak akibat banjir, serta mengevakuasi warga yang masih terjebak di dalam kendaraan.

Media lokal Korea Selatan, Yonhap melaporkan hujan lebat juga melanda negara tetangga mereka yakni Korea Utara. Situasi ini menimbulkan potensi banjir di beberapa daerah dekat perbatasan dua negara.

Awal pekan ini beredar rumor Korea Utara akan membuka pintu air bendungan dekat perbatasan tana terlebih dulu memberitahu pemerintah Korea Selatan.

Editor : Arif Budiwinarto