Batal Beli Kapal Selam, Australia Bayar Rp8,5 Triliun ke Prancis

Anton Suhartono ยท Sabtu, 11 Juni 2022 - 10:55:00 WIB
Batal Beli Kapal Selam, Australia Bayar Rp8,5 Triliun ke Prancis
Anthony Albanese (Foto: Reuters)

SYDNEY, iNews.id - Pemerintah Australia mencapai kesepakatan dengan Prancis terkait pembatalan pembelian kapal selam. Negeri Kangguru berharap kesepakatan senilai 555 juta euro atau sekitar Rp8,5 triliun itu bisa memperbaiki hubungan kedua negara yang retak.

Australia tahun lalu membatalkan pesanan kapal selam Prancis senilai 40 miliar dolar AS dan mengalihkannya ke Amerika Serikat dan Inggris. Ketiga negara meneken Kesepakatan trilateral untuk pengadaan kapal selam bertenaga nuklir.

Keputusan itu membuat murka para pemimpin Prancis, memicu ketegangan diplomatik yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengatakan pemerintahnya telah mencapai penyelesaian yang adil dan setara dengan produsen kapal selam Prancis, Naval Group. Menurut dia, penyelesaian ini memungkinkan Australia bergerak maju dalam memperbaiki, bahkan meningkatkan hubungan dengan Prancis.

“Mengingat beratnya tantangan yang kita hadapi, baik di kawasan maupun secara global, penting bagi Australia dan Prancis, sekali lagi, bersatu untuk mempertahankan prinsip dan kepentingan bersama,” kata Albanese, dikutip dari Reuters, Sabtu (11/6/2022).

Dia juga berharap menerima undangan dari Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk berkunjung ke Paris.

Australia, Amerika Serikat, Prancis, dan semua mitra menyatakan keprihatinan tentang meningkatnya pengaruh China di Indo-Pasifik. Kekhawatiran tersebut meningkat setelah China meneken perjanjian keamanan dengan Kepulauan Solomon.

“Kami sangat menghormati peran dan keterlibatan aktif Prancis di Indo-Pasifik,” kata Albanese.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda