Bawa Bendera Palestina, Warga Israel Demonstrasi Tolak Pencaplokan Tepi Barat

Anton Suhartono ยท Minggu, 07 Juni 2020 - 05:43:00 WIB
Bawa Bendera Palestina, Warga Israel Demonstrasi Tolak Pencaplokan Tepi Barat
Ribuan warga Israel berdemonstrasi menentang pencaplokan Tepi Barat (Foto: AFP)

TEL AVIV, iNews.id - Ribuan warga Israel berdemonstrasi di Tel Aviv, Sabtu (6/6/2020), untuk menentang rencana pemerintah mencaplok wilayah Tepi Barat, Palestina.

Mereka membawa bendera Israel dan Palestina serta tulisan menentang pendudukan serta pencaplokan Tepi Barat. Demonstrasi ini digelar oleh beberapa partai politik serta LSM.

Seorang demonstran menyerukan ditingkatkannya solidaritas antara Palestina dan Israel, ketimbang memancing perpecahan.

"Kami telah melakukan begitu banyak kerusakan satu sama lain, rakyat Palestina dan Yahudi. Kita bersaudara, kita berdua berada di sini, bisa melakukan lebih banyak hal bersama daripada terpisah," kata demonstran, Anat Schrieber, kepada AFP.

Pengunjuk rasa lainnya, Eden, menyerukan keadilan bagi Palestina dan perdamaian antara Israel dan Palestina.

"Dalam realitas apartheid tidak akan ada kedamaian dan keadilan bagi kami atau mereka,” tuturnya.

Dia menilai pencaplokan wilayah Tepi Barat melanggar hukum internasional seta menyebabkan ketegangan serta gejolak lebih parah.

"Saya khawatir takut dengan rencana pencaplokan. Saya kira bisa menyebabkan kerusuhan, bahkan perang. (Rencana) Ini tidak akan menghasilkan apa-apa serta tidak menciptakan perdamaian," ujarnya.

Seperti diberitakan pemerintahan Benjamin Netanyahu yang didukun Benny Gantz akan mencaplok Tepi Barat mulai Juli. Rencana ini digulirkan setelah Amerika Serikat mengakui Tepi Barat bagian dari Israel dan berhak atas wilayah tersebut.

Presiden Donald Trump pun pada awal tahun ini merestui pencaplokan tersebut untuk perluasan permukiman Yahudi, langkah yang dikecam komunitas internasional.

Editor : Anton Suhartono