Bebas Virus Korona, 3.600 Penumpang dan Kru Kapal Pesiar The World Dream Diperbolehkan Keluar

Anton Suhartono ยท Minggu, 09 Februari 2020 - 19:21 WIB
Bebas Virus Korona, 3.600 Penumpang dan Kru Kapal Pesiar The World Dream Diperbolehkan Keluar

Suasana kapal pesiar The World Dream pada malam hari saat berada di pelabuhan Hong Kong (Foto: AFP)

HONG KONG, iNews.id - Ribuan penumpang dan kru kapal pesiar The World Dream akhirnya diperbolehkan keluar, Minggu (9/2/2020), setelah mereka dikarantina selama 5 hari terkait virus korona.

Kapal berada di pelabuhan Hong Kong setelah melakukan perjalanan dari China menuju Vietnam dari 19 sampai 24 Januari 2020. Namun sebelum memasuki pelabuhan Leung Yiu Hong, Hong Kong, pada Rabu (5/2/2020), tiga penumpang warga China mengalami gejala terinfeksi virus korona hingga kemudian dinyatakan postif.

Keputusan untuk membebaskan seluruh penumpang dan kru diambil setelah hasil pemeriksaan terhadap 1.800 orang dinyatakan negatif.

Di dalam kapal juga terdapat 1.800 penumpang, namun mereka tidak menjalani pemeriksaan karena tak melakukan kontak langsung dengan tiga orang tersebut.

Sebelumnya otoritas kesehatan menyatakan, semua penumpang dan kru baru bisa dibebaskan pada Selasa mendatang jika hasil pemeriksaan negatif, namun semua pemeriksaan sudah selesai pada Minggu sehingga mereka bisa keluar lebih cepat.

“Hasil semua pemeriksaan sore ini semuanya negatif,” kata kepala otoritas kesehatan Hong Kong, dikutip dari AFP.

Seorang penumpang Rocky Chan mengatakan, semua proses dilewati dengan baik meskipun sempat terjadi beberapa masalah, seperti dia tak bisa bekerja.

“Pekerjaan saya agak terpengaruh karena saya harus menghabiskan wakt di sini," katanya.

Wakil direktur marketing The Dream Cruises, Phoebe Yip Ching Man, mengatakan setelah dibebaskan para penumpang diangkut menggunakan puluhan bus ke kota. Perusahaan menyiapkan hotel gratis kepada ratusan penumpang pemegang paspor asing.

Hong Kong sejak Sabtu (8/2/2020) memberlakukan karantina selama 14 hari bagi semua orang yang datang dari China daratan dalam upaya mencegah penyebaran virus.

Kementerian kesehatan menyatakan sejak kemarin hingga Minggu, 468 orang dari China daratan diperintahkan tinggal di rumah, kamar hotel, atau lokasi karantina milik pemerintah.

Editor : Anton Suhartono