Begini Kehebatan Zircon, Rudal Anti-Kapal Andalan Putin yang Bisa Melesat 11.000 Km per Jam

Anton Suhartono ยท Senin, 01 Agustus 2022 - 15:20:00 WIB
Begini Kehebatan Zircon, Rudal Anti-Kapal Andalan Putin yang Bisa Melesat 11.000 Km per Jam
Rudal hipersonik Zircon akan melengkapi AL Rusia dalam waktu dekat (Foto: Kemhan Rusia)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Vladimir Putin mengumumkan Angkatan Laut (AL) Rusia akan dilengkapi dengan rudal mematikan Zircon dalam waktu dekat. Rudal berkecepatan hipersonik itu akan dipasang pada kapal-kapal perang permukaan maupun kapal selam.

“Pengiriman (rudal) ini ke Angkatan Bersenjata Rusia akan dimulai dalam beberapa bulan mendatang,” kata Putin, dalam pidato memperingati Hari Angkatan Laut Rusia, Minggu (31/7/2022).

Dia menambahkan, kapal fregat Laksamana Gorshkov akan menjadi yang pertama membawa senjata tersebut. Tak heran, kapal Laksamana Gorshkov yang memperkuat Armada Utara Rusia menjadi tempat uji coba peluncuran laut bagi rudal jelajah itu.

Lantas apa kehebatan Zircon?

Senjata ini secara resmi diberi nama 3M22 Zircon yang didesain sebagai rudal anti-kapal dengan lokasi peluncuran dari laut. Putin pertama kali meresmikannya pada 2019. Setahun kemudian, tepatnya Januari 2020, Zircon menjalani uji coba pertama yang diluncurkan dari kapal AL. Salah satunya ditembakkan dari Laut Barents utara dan berhasil mengenai target, yakni fasilitas latihan AL di darat berjarak sekitar 500 km dari lokasi penembakan.

Zircon dapat melesat dengan kecepatan hipersonik yakni mencapai setidaknya 9 Mach atau lebih dari 11.000 kilometer per jam. Saat melesat secepat itu, rudal masih bisa mempertahankan kemampuan untuk bermanuver. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda