Belanda Sebut Perlakuan China terhadap Muslim Uighur Genosida

Anton Suhartono ยท Jumat, 26 Februari 2021 - 09:11:00 WIB
Belanda Sebut Perlakuan China terhadap Muslim Uighur Genosida
Parlemen Belanda menyatakan perlakuan China terhadap muslim Uighur merupakan genosida (Foto: Reuters)

AMSTERDAM, iNews.id - Parlemen Belanda menyampaikan mosi yang menyebutkan perlakuan China terhadap muslim Uighur di Xinjiang merupakan genosida. Belanda menjadi negara Eropa pertama yang mengumumkan genosida atas muslim Uighur.

"Sebuah genosida terhadap minoritas Uighur sedang terjadi di China," demikian isi mosi parlemen Belanda, yang tidak secara langsung menyebutkan pemerintah China bertanggung jawab.

Mosi itu didasarkan atas Resolusi PBB Nomor 260 atau dikenal dengan Konvensi Genosida. Disebutkan, China melakukan tindakan yang dimaksudkan dalam konvensi, yakni mencegah orang melahirkan (sterilisasi) serta mendirikan kamp-kamp hukuman.

Namun tak semua kubu di parlemen Belanda mendukung mosi itu. Tentangan justru datang dari Partai VVD tempat Perdana Menteri Mark Rutte bernaung.

Sementara itu Kedutaan Besar China di Den Haag mengecam mosi tersebut dengan menyatakan, setiap kesimpulan genosida di Xinjiang merupakan kebohongan. Mereka juga menuduh parlemen Belanda dengan sengaja mencoreng negara serta mencampuri urusan dalam negeri China.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2