Bendera AS Hilang Misterius dari Taman Makam Pahlawan

Anton Suhartono ยท Selasa, 01 Juni 2021 - 06:30:00 WIB
Bendera AS Hilang Misterius dari Taman Makam Pahlawan
Beberapa bendera AS hilang dari taman makam pahlawan di California Selatan (Foto: AP)

LOS ANGELES, iNews.id - Otoritas Amerika Serikat mengungkap hilangnya beberapa bendera negara di taman makam pahlawan California Selatan saat peringatan Hari Pahlawan pada akhir pekan lalu.

Sebuah bendera besar, berukuran 7,6 x 9,1 meter, serta beberapa yang lebih kecil raib tanpa jejak. Belum ada titik terang mengenai siapa pelaku pencurian.

Juru bicara Lembaga Pemakaman Nasional Departemen Urusan Veteran Les Melnyk mengatakan, bendera garnisun di Taman Makam Pahlawan Nasional Los Angeles dicuri pada Minggu malam atau Senin pagi.

Gerbang pemakaman dipastikan tertutup saat itu. Kepolisian urusan Veteran, kata Melynk, masih menyelidiki pencurian bendera itu.

"(Peristiwa ini) Tidak mengurangi sedikit pun dari kehormatan dan rasa hormat yang kami berikan pada Memorial Hari Pahlawan kepada para laki-laki dan perempuan atas segala pengorbanan tertinggi mereka bagi negara,” kata Melnyk, dikutip dari Associated Press, Selasa (1/6/2021).

Rebekah Adams, seorang relawan Los Angeles National Cemetery Support Foundation, mengatakan sulit untuk menurunkan bendera yang biasanya dipegang oleh tiga orang itu.

“Sangat menyedihkan dan mengejutkan, sesuatu seperti ini terjadi pada Hari Pahlawan,” kata Adams.

Pemakaman itu dibangun pada akhir abad ke-19 dan dikelola lembaga veteran.

Editor : Anton Suhartono