Beredar Video Kelompok Houthi Hormat ala Nazi: Matilah Amerika! Matilah Israel!

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 25 April 2021 - 16:09:00 WIB
Beredar Video Kelompok Houthi Hormat ala Nazi: Matilah Amerika! Matilah Israel!
Tangkapan layar video kelompok pemberontak Houthi di Yaman menggunakan penghormatan ala Nazi. (Foto: Istimewa)

SANA’A, iNews.id – Sebuah video yang menggambarkan para pendukung milisi Houthi melakukan penghormatan ala Nazi, beredar secara daring. Tak hanya itu, mereka juga terdengar meneriakkan slogan anti-Amerika dan anti-Semit.

“Matilah Amerika! Matilah Israel! Terkutuklah orang-orang Yahudi!” teriak gerombolan Houthi itu dalam video yang diduga dibagikan oleh seorang pendukung AS, Sabtu (24/4/2021).

Mereka menerikkan kata-kata itu sambil mengacungkan tangan kanan dengan telapak menghadap ke bawah (membentuk simbol salut Nazi). 

Puluhan video yang menggambarkan kelompok Houthi secara terang-terangan mengekspresikan retorika anti-Semit dan anti-Amerika telah muncul dalam beberapa tahun terakhir. Mereka biasanya menunjukkan ekspresi semacam itu selama upacara, rekrutmen militer, serta pertemuan atau acara besar lainnya.

Pada Maret lalu, sebuah video yang diunggah di dunia maya menunjukkan seorang lelaki migran Afrika yang direkrut oleh kelompok milisi yang didukung Iran itu. Pria tersebut terdengar melafazkan “Matilah Amerika! Matilah Israel!”, mengulangi teriakan dari seorang gerilyawan Houthi.

Pada November 2020, Kedutaan Besar Yaman di Washington DC, Amerika Serikat, merilis pernyataan yang mengutuk Houthi karena menampilkan retorika anti-Amerika dan anti-Semit secara terang-terangan selama upacara kelulusan Akademi Polisi di Sana’a, Yaman.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2