Bersejarah, AS Berhasil Ajak Lebanon dan Israel Duduk Bersama Bahas Konflik Perbatasan

Anton Suhartono ยท Kamis, 01 Oktober 2020 - 21:39:00 WIB
Bersejarah, AS Berhasil Ajak Lebanon dan Israel Duduk Bersama Bahas Konflik Perbatasan
Mike Pompeo (Foto: AFP)

BEIRUT, iNews.id - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo memuji kesepakatan pembicaraan konflik perbatasan darat dan laut antara Israel dan Lebanon.

Pompeo menyebut kesepakatan bersejarah untuk menggelar pembicaraan itu ditengahi oleh AS dan sudah dirintis sejak 3 tahun lalu. Lebanon dan Israel telah menyepakati kerangka kerja sebagai bahan negosiasi sengketa perbatasan yang kemungkinan digelar pada pertengahan atau akhir Oktober 2020.

"Kesepakatan bersejarah antara kedua pihak ini ditengahi Amerika Serikat dan buah dari pembicaraan diplomatik yang intens selama hampir 3 tahun," kata Pompeo, dikutip dari AFP, Kamis (1/10/2020).

"Pengumuman hari ini merupakan langkah maju yang penting, melayani kepentingan Lebanon, Israel, kawasan, dan Amerika Serikat," ujarnya, melanjutkan.

Lebanon dan Israel menyatakan akan mengadakan negosiasi ditengahi oleh AS mengenai sengketa perbatasan darat dan laut. Ini merupakan pembicaraan pertama sejak puluhan tahun antara kedua negara yang secara teknis masih berstatus perang itu.

AS akan bertindak sebagai fasilitator pembicaraan yang akan diadakan di Kota Naqoura, Lebanon, dekat perbatasan dengan Israel.

Ketua Parlemen Lebanon Nabih Berri yang pertama kali mengumumkan kabar itu, namun dia tidak menyebutkan waktu pastinya.

Menurut Berri, kesepakatan kerangka kerja sudah dibahas pada akhir September untuk memulai negosiasi.

"Amerika Serikat diminta oleh kedua pihak, Israel dan Lebanon, untuk bertindak sebagai mediator dan fasilitator, menyusun perbatasan laut serta siap untuk menjalankannya," kata Berri.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda