Boeing Bikin Bom GLSDB untuk Ukraina, Apa Kehebatannya?

Anton Suhartono ยท Senin, 28 November 2022 - 20:20:00 WIB
Boeing Bikin Bom GLSDB untuk Ukraina, Apa Kehebatannya?
Boeing menyiapkan bom untuk tentara Ukraina (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) mempertimbangkan usulan Boeing yang akan membuat bom bagi Ukraina. Bom yang didesain kecil namun presisi itu bisa dimasukkan ke roket.

Sumber di industri pertahanan mengatakan kepada Reuters, Ukraina membutuhkan senjata lebih canggih dalam perang yang kemungkinan berlangsung lama. Di saat bersamaan, kemampuan negara-negara Barat yakni AS dan sekutunya untuk menyuplai terbatas.

Untuk menjawab tantangan itu, Boeing membuat Ground-Launched Small Diameter Bomb (GLSDB). Jika mendapat persetujuan, GLSDB bisa dikirim paling cepat musim semi 2023. 

GLSDB didesain dengan menggabungkan bom diameter kecil (SDB) GBU-39 dengan roket M26. Keduanya sebenarnya sudah masuk dalam inventaris militer AS.

Kepala pembelian senjata Angkatan Darat AS Doug Bush mengatakan, invasi Rusia ke Ukraina berdampak pada tingginya permintaan senjata dan amunisi buatan AS. Sekutu AS di Eropa Timur juga memesan banyak senjata karena persediaan mereka dikirim ke Ukraina.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda