Bom Bunuh Diri di Pasar Baghdad Irak Tewaskan 32 Orang, ISIS Klaim Bertanggung Jawab

Djairan ยท Jumat, 22 Januari 2021 - 14:38:00 WIB
Bom Bunuh Diri di Pasar Baghdad Irak Tewaskan 32 Orang, ISIS Klaim Bertanggung Jawab
ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri kembar di pasar Baghdad, Irak, yang menewaskan 32 orang (Foto: Reuters)

BAGHDAD, iNews.id - Kelompok militan ISIS mengaku bertanggung jawab dalam serangan bom bunuh diri kembar di Baghdad, Irak. Serangan pada Kamis (21/1/2021) itu menewaskan sedikitnya 32 orang dan melakukai lebih dari 100 lainnya.

ISIS mengklaim, sebagaimana dikutip dari BBC, Jumat (22/1/2021), sasaran mereka adalah para kelompok Syiah. Pengakuan ini disampaikan melalui akun aplikasi pesan singkat Telegram, beberapa jam setelah serangan tersebut.

Serangan di pasar Baghdad ini merupakan yang paling mematikan dalam 3 tahun terakhir. 

Pelaku meledakkan diri di antara kerumunan orang di pasar pakaian bekas di Tayaran Square. Bom pertama dilakukan oleh seseorang yang mengaku sakit. Saat orang-orang mengerumuni, dia meledakkan diri. 

"Dia menekan detonator di tangannya, lalu meledak," ujar saksi yang juga pemilik kios di pasar, dikutip dari Reuters.

Satu bom lagi diledakkan pelaku lain saat orang-orang sibuk menyelamatkan korban ledakan pertama.

Para saksi mata mengatakan, Tayaran Square mulai sibuk oleh warga menyusul pelonggaran aturan pembatasan pandemi Covid-19. Warga memanfaatkan momen tersebut untuk membeli kebutuhan.

Presiden Irak Barham Saleh mengecaman serangan terbaru itu dengan mengatakan pemerintah akan melawan upaya-upaya jahat di negaranya. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2