Bos Kartel BBM 'El Marro' Ditangkap, Salah Satu Penjahat Paling Dicari di Meksiko

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 03 Agustus 2020 - 01:57 WIB
Bos Kartel BBM 'El Marro' Ditangkap, Salah Satu Penjahat Paling Dicari di Meksiko

Ilustrasi penangkapan bos kartel perdangangan gelap BBM. (Foto: AFP)

MEXICO CITY, iNews.id – Pemimpin kartel perdagangan bahan bakar minyak (BBM) yang kuat di Meksiko, Jose Antonio Yepez, ditangkap pada Minggu (2/8/2020) waktu setempat. Dia ditangkap dalam operasi militer yang berlangsung di Negara Bagian Guanajuato.

Penangkapan Yepez—yang di Meksiko juga dikenal sebagai “El Marro” itu—diumumkan lewat akun Twitter resmi milik Menteri Keamanan Publik Federal Meksiko, Alfonso Durazo.

Yepez dianggap sebagai salah satu penjahat paling dicari di Meksiko. Dia telah membangun kartel yang berfokus pada pengeboran ke jaringan pipa dan kemudian menjual bahan bakar hasil curian itu di pasar gelap.

Durazo mengatakan, setelah penangkapan yang berlangsung pada dini hari itu, Yepez dipindahkan ke penjara dengan keamanan maksimum di Negara Bagian Guanajuato. “Dia selanjutnya akan diadili atas tuduhan kejahatan terorganisasi dan pencurian bahan bakar,” ujarnya, seperti dilansir AFP.

Pada 24 Juli lalu, pihak berwenang menangkap seorang kaki tangan Yepez, Jose “El Mamey” Guadalupe. Ada 30 anggota kartel Yepez yang ditangkap sepanjang Juni lalu, termasuk ibu dan saudara perempuan Yepez. Peristiwa itu kemudian mendorong Yepez untuk merilis video yang menuntut pembebasan mereka.

Kedua perempuan itu dibebaskan beberapa hari kemudian. Kepada Yepez, mereka mengaku telah disiksa aparat.

Guanajuato adalah salah satu pusat industri terpenting di Meksiko. Kekayaan dan infrastruktur energinya yang luas telah menarik perhatian kelompok-kelompok kriminal, termasuk kartel Generasi Baru Jalisco yang kuat dan kartel Santa Rosa de Lima.

Kedua kelompok itu kerap terlibat konflik berdarah, mengubah Guanajuato menjadi salah satu negara bagian paling keras di Meksiko.

Editor : Ahmad Islamy Jamil