Boy Band BTS Dikecam Netizen China Gara-Gara Pernyataan soal Perang Korea

Anton Suhartono ยท Rabu, 14 Oktober 2020 - 15:05 WIB
Boy Band BTS Dikecam Netizen China Gara-Gara Pernyataan soal Perang Korea

Boy band Korsel BTS dikecam netizen China terkait pernyataan soal Perang Korea (Foto: AFP)

SEOUL, iNews.id - Boy band Korea Selatan (Korsel) BTS dikecam netizen China terkait pernyataan pemimpinnya, RM, yang berterima kasih kepada para veteran Perang Korea.

RM membuat pernyataan terakait penghargaan yang diterima BTS dari Korea Society karena dianggap berjasa mempromosikan hubungan Amerika Serikat (AS)-Korsel.

"Kami akan selalu mengingat rasa sakit yang diderita kedua negara serta pengorbanan banyak laki-laki dan perempuan," kata RM, dalam pidatonya, seperti dikutip dari Associated Press, Rabu (14/10/2020).

“Setelah 70 tahun, dunia yang kita tinggali jauh lebih dekat dari sebelumnya. Batasan dalam banyak aspek semakin kabur. Sebagai anggota komunitas global, kita harus membangun pemahaman lebih dalam dan solidaritas agar kita menjadi lebih bahagia," tutur RM, melanjutkan.

Para netizen serta media pemerintah China menganggap pernyataan RM itu sebagai tamparan. Tentara Negeri Tirai Bambu ikut berperang bersama pasukan Korea Utara untuk mencaplok wilayah Korsel dalam Perang Korea yang berlangsung pada 1950 hingga 1953.

“Sebelumnya, saya kira beberapa lagu BTS cukup bagus. Sekarang, mereka seperti berlumuran kotoran. Menghina China sama sekali tidak diperbolehkan," kata seorang netizen di platform media sosial Weibo.

Tagar 'BTS Insults China' pun menggema dan sudah telah dilihat lebih dari 4,5 juta kali.

“Banyak netizen China beranggapan pidato tersebut ditujukan kepada netizen AS, namun negara itu memainkan peran sebagai agresor dalam perang,” demikian artikel surat kabar yang dikendalikan Partai Komunis China, Global Times.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua