Bursa Efek Pakistan Diserang, Kelompok Separatis Balochistan Bertanggung Jawab

Anton Suhartono ยท Senin, 29 Juni 2020 - 17:32 WIB
Bursa Efek Pakistan Diserang, Kelompok Separatis Balochistan Bertanggung Jawab

Polisi memeriksa mobil pelaku penyerangan kantor Bursa Efek Pakistan di Karachi (Foto: AFP)

KARACHI, iNews.id - Kelompok separatis Tentara Pembebasan Balochistan (BLA) mengaku bertanggung jawab atas serangan di kantor Bursa Efek Pakistan di Karachi, Senin (29/6/2020).

Dalam pernyataan tertulis melalui surat elektronik kepada AFP, BLA mengakui berada di balik serangan pada Senin pagi itu. Disebutkan, pasukan elite BLA yang melancarkan serangan.

Enam orang tewas dalam serangan brutal menggunakan granat dan senjata api itu, yakni empat petugas sekuriti kantor serta masing-masing satu polisi dan pejalan kaki.

Kepala polisian Karachi Ghulam Nabi Memon mengatakan, empat pelaku yang datang menggunakan sedan, tewas dalam baku tembak dengan pasukan keamanan.

Petugas menemukan senjata otomatis serta bahan peledak dari para pelaku.

Pihak berwenang Pakistan berjanji menyerang balik kelompok mana pun yang bertanggung jawab atas serangan tersebut dan akan membongkar jaringan dan markas mereka.

Separatis Baloch melakukan serangkaian serangan terhadap fasilitas penting di seluruh Pakistan dalam beberapa tahun terakhir.

BLA merupakan salah satu dari beberapa kelompok separatis yang berjuang untuk memisahkan provinsi itu dari Pakistan.

Kelompok itu juga menargetkan proyek-proyek infrastruktur yang bekerja sama dengan China, termasuk serangan pada siang bolong tahun 2018 di konsulat Bejing di Karachi yang menewaskan empat orang.

Pada Mei 2019, BLA menyerang hotel mewah di dekat perbatasan Afghanistan. Hotel itu dihuni banyak tamu pekerja China yang menangani pengembangan pelabuhan, proyek infrastruktur nasional miliaran dolar AS yang didanai China.

Tahun lalu, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat memasukkan BLA sebagai kelompok teroris global.

Editor : Anton Suhartono