Ceko Perkuat Kehadiran Diplomatik di Yerusalem, Tepis Pindahkan Kedubes di Israel

Anton Suhartono ยท Kamis, 03 Desember 2020 - 05:11:00 WIB
Ceko Perkuat Kehadiran Diplomatik di Yerusalem, Tepis Pindahkan Kedubes di Israel
Republik Ceko perkuat kehadiran diplomatik di Yerusalem namun menepis pindahkan kedubes dari Tel Aviv (Foto: AFP)

PRAHA, iNews.id - Republik Ceko menambah diplomat di kantor perwakilan Yerusalem mulai 2021, namun menepis bahwa kantor tersebut merupakan kedutaan besarnya yang baru di Israel.

Kementerian Luar Negeri Ceko menyatakan, penambahan diplomat itu demi memberikan pelayanan bagi warganya di Israel.

Negara Eropa itu sudah lama menjadi pendukung kuat Israel. Presiden Ceko Milos Zeman juga pernah mengatakan dukungannya untuk memindahkan kedubes dari Tel Aviv ke Yerusalem, namun langkah itu tidak pernah terealisasi.

Menurut kemlu, kantor perwakilan di Yerusalem akan memiliki seorang diplomat bersama konsulat kehormatan. Mereka menegaskan, langkah ini tidak terkait dengan proses perdamaian yang sedang berlangsung di Timur Tengah.

Dengan memiliki seorang diplomat akan memungkinkan Ceko memberikan pelayanan lebih bagi warganya, seperti mengganti dokumen yang hilang yang saat ini hanya bisa dilakukan di kedubes Tel Aviv.

Israel menyambut baik pengumuman Ceko tersebut seraya mengklaim seluruh wilayah Yerusalem merupakan ibu kotanya. Langkah Israel yang mengklaim Yerusalem sebagai ibu kota tidak diakui mayoritas negara karena melanggar resolusi PBB.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2