China Akan Luncurkan Jet Tempur Siluman FC-31 Generasi Baru dari Kapal Induk

Anton Suhartono ยท Jumat, 11 Juni 2021 - 10:28:00 WIB
China Akan Luncurkan Jet Tempur Siluman FC-31 Generasi Baru dari Kapal Induk
Model jet tempur FC-31 ukuran penuh berada di platform kapal induk uji coba di Wuhan (Foto: Twitter)

LONDON, iNews.id - China kemungkinan akan meluncurkan pesawat tempur siluman generasi baru dari kapal induk terbesarnya, Tipe 003. Negara itu sedang agresif meningkatkan kemampuan militer untuk menandingi Amerika Serikat (AS), bahkan ingin mengalahkannya pada 2049.

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan, model jet tempur FC-31 berada di fasilitas pengujian kapal induk buatan dalam negeri.

Kapal induk yang bersandar di Wuhan itu tampaknya dipakai sebagai bahan pengembangan armada laut pengangkut tersebut. 

Pengamat militer Fu Qianshao mengatakan kepada Global Times, FC-31 disebut sebagai kandidat teratas jet tempur berbasis kapal induk generasi mendatang setelah mengaplikasikan beberapa teknologi terbaru.

Menurut dia, penempatan model jet tempur dengan ukuran penuh di platform kapal induk uji coba menunjukkan, pesawat itu bisa menjadi pilihan untuk penggunaan di kapal induk.

FC-31 merupakan jet tempur siluman berukuran sedang, oleh karena itu tidak mungkin menggantikan peran J-15 yang lebih berat namun tak menggunakan teknologi siluman. Keduanya akan saling melengkapi di masa mendatang atau bisa disandingkan dengan kekuatan tempur AS, F-35C dan F/A-18.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2