Kelompok Kapal Induk China Gelar Latihan di Laut China Selatan, Peringatan bagi AS

Anton Suhartono ยท Minggu, 02 Mei 2021 - 14:26:00 WIB
Kelompok Kapal Induk China Gelar Latihan di Laut China Selatan, Peringatan bagi AS
Kapal induk Shandong (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id - Kelompok kapal induk China Shandong baru-baru ini menggelar latihan perang di Laut China Selatan.

Angkatan Laut (AL) Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China, dalam pernyataan, Minggu (2/5/2021), menggambarkan latihan tersebut sebagai aktivitas rutin dan bagian dari rencana kerja tahunan AL.

Kapal indak Shandong mulai beroperasi pada 2019 dan merupakan armada pengangkut jet tempur terbaru dari dua yang sudah ada saat ini.

"Ini sepenuhnya sah dan berguna dalam meningkatkan kemampuan negara untuk menegakkan kedaulatan dan keamanan nasional," kata Juru Bicara AL PLA, Gao Xiucheng, dikutip dari Reuters.

Dia berharap dunia akan melihat latihan perang tersebut dari sudut pandang obyektif dan rasional. AL China akan terus melakukan latihan seperti itu sesuai jadwalnya.

Sebelumnya AL China menyatakan latihan serupa akan dilakukan lebih teratur di tengah meningkatnya ketegangan dengan Taiwan.

China berulang kali mengeluhkan keberadaan kapal perang Amerika Serikat yang mendekati pulau-pulau sengketa di Laut China Selatan, di mana Vietnam, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, dan Taiwan juga mengklaimnya.

Kelompok kapal induk AS berlayar di dekat pulau-pulau yang dikuasai China di perairan yang disengketakan beberapa kali tahun ini, membuat geram China.

Editor : Anton Suhartono