China Ancam Tembak Kapal Asing, Filipina Kirim Armada AL Tambahan ke Laut China Selatan

Anton Suhartono · Rabu, 10 Februari 2021 - 14:29:00 WIB
China Ancam Tembak Kapal Asing, Filipina Kirim Armada AL Tambahan ke Laut China Selatan
Filipina mengirim lebih banyak armada AL untuk mengawal nelayan di Laut China Selatan (Foto: AFP)

MANILA, iNews.id - Filipina akan menambah kekuatan Angkatan Laut (AL) di Laut China Selatan untuk melindungi para nelayan dari ancaman Pasukan Penjaga Pantai China.

Filipina memprotes undang-undang (UU) baru di China yang memungkinkan pasukan penjaga pantai menyerang bahkan menembaki kapal asing yang dianggap memasuki wilayah perairan, termasuk yang masih disengketakan.

"Pernyataan China bahwa penjaga pantai boleh menembaki orang-orang yang masuk wilayah mereka sangat mengkhawatirkan. Itu pernyataan sangat tidak bertanggung jawab karena warga kami tidak pergi ke daerah yang disengketakan untuk berperang, tapi untuk mencari nafkah," kata panglima militer Filipina, Cirilito Sobejana, dikutip dari Reuters, Rabu (10/2/2021).

Dia menilai UU itu meningkatkan risiko salah perhitungan yang berpotensi memicu konflik langsung.

"Kami akan meningkatkan pematauan dengan mengerahkan lebih banyak armada Angkatan Laut. Saya ingin menjelaskan, kehadiran AL bukan (untuk) berperang melawan China tapi untuk mengamankan warga kami," ujarnya.

China mengklaim sekitar 90 persen Laut China Selatan sebagai miliknya dan menyebar Pasukan Penjaga Pantai di sepanjang perairan penting dan strategis. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2