China Sahkan UU Beri Kewenangan Pasukan Penjaga Pantai Tembak Kapal Asing

Anton Suhartono ยท Jumat, 22 Januari 2021 - 20:17:00 WIB
China Sahkan UU Beri Kewenangan Pasukan Penjaga Pantai Tembak Kapal Asing
Hua Chunying (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id - China untuk pertama kalinya secara terang-terangan menyetujui undang-undang (UU) yang mengizinkan penjaga pantai untuk menembak kapal asing. Badan legislatif tertinggi China, Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional, mengesahkan UU Penjaga Pantai, Jumat (22/1/2021).

Negara itu terlibat sengketa perairan dengan banyak negara seperti Jepang di Laut China Timur dan beberapa negara Asia Tenggara di Laut China Selatan.

Pasukan penjaga pantai China dikirim untuk mengusir kapal penangkap ikan negara lain, terkadang sampai menenggelamkan kapal-kapal tersebut.

Berdasarkan draf RUU yang diterbitkan sebelumnya, personel penjaga pantai diperbolehkan menggunakan semua cara yang diperlukan untuk menghentikan atau mencegah ancaman dari kapal asing.

RUU tersebut juga menyebutkan berbagai jenis senjata yang boleh digunakan seperti genggam serta kapal atau udara.

Bukan hanya itu, RUU memungkinkan pasukan penjaga pantai menghancurkan properti milik negara lain yang dibangun di atas terumbu karang serta menaiki kapal asing yang berada di perairan yang diklaim China.

Belum cukup, RUU juga membolehkan penjaga pantai membuat zona pengecualian sementara sesuai kebutuhan guna menghentikan kapal dan personel asing yang masuk.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying, seperti dikutip dari Reuters, mengklaim, UU tersebut sudah sejalan dengan hukum internasional.

Pasal pertama menjelaskan UU itu diperlukan untuk menjaga kedaulatan, keamanan, dan hak maritim China.

Editor : Anton Suhartono