China Batasi Pendirian Gedung di Atas 500 Meter, Larang Bangunan Berdesain Buruk

Anton Suhartono ยท Rabu, 14 April 2021 - 13:23:00 WIB
China Batasi Pendirian Gedung di Atas 500 Meter, Larang Bangunan Berdesain Buruk
China akan batasi pendirian gedung di atas 500 meter serta melarang bangunan atau struktur berdesain buruk (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id - China akan membatasi pembangunan gedung dengan ketinggian di atas 500 meter serta melarang bangunan dengan desain buruk.

Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China (NDRC), selaku regulator, menyatakan, aturan ini dibuat bertujuan meningkatkan manajemen tara ruang perkotaan.

Dari 10 bangunan tertinggi dunia, enam di antaranya berada di China dan memiliki ketinggian lebih dari 500 meter.

Dewan Gedung Tinggi dan Habitat Urban, organisasi nirbala yang berbasis di Amerika Serikat, mengungkap, China memiliki gedung pencakar langit terbanyak di dunia. Sebanyak 2.395 gedung di negara itu memiliki ketinggian lebih dari 150 meter serta 95 bangunan lebih dari 300 meter, 

Profesor di Sekolah Arsitektur Universitas Tsinghua, Li Luke, mengatakan, pembangunan gedung lebih dari 500 meter harus melalui evaluasi biaya dan keselamatan sistematis karena kompleksitas dan kesulitan teknis.

"Baik pembangun maupun pengguna harus mempertimbangkan apakah biaya dan risikonya sepadan untuk membangun gedung pencakar langit," kata Li, kepada Global Times.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2