China Batasi Pendirian Gedung di Atas 500 Meter, Larang Bangunan Berdesain Buruk

Anton Suhartono ยท Rabu, 14 April 2021 - 13:23:00 WIB
China Batasi Pendirian Gedung di Atas 500 Meter, Larang Bangunan Berdesain Buruk
China akan batasi pendirian gedung di atas 500 meter serta melarang bangunan atau struktur berdesain buruk (Foto: Reuters)

Di samping itu, kebijakan NDRC melarang bangunan buruk juga mendapat dukungan dari netizen. Mereka menumpahkan kritikan tajam atas maraknya bangunan berdesain buruk. Peraturan tersebut didukung netizen hingga menjadi viral disertai posting-an bangunan tidak menarik.

Situs web arsitektur yang berbasis di Beijing, Archcy, memilih 10 bangunan paling jelek di China setiap tahun selama 11 tahun terakhir. Netizen pun ramai mengomentari desain-desain yang dikeluarkan Archcy.

Ciri paling umum dari bangunan yang masuk daftar ini adalah berdesain aneh serta meniru manusia, hewan, atau artefak tertentu. Penilaian juga didasarkan pada ketidakharmonisan dengan lingkungan sekitar ketidaksesuaian elemen.

Kementerian Perumahan dan Pembangunan Perkotaan-Perdesaan serta NDRC mengeluarkan dokumen berisi penguatan arsitektur perkotaan pada April 2020, bangunan besar dan memiliki gaya aneh demi menarik perhatian publik merupakan pemborosan.

Editor : Anton Suhartono