China Kirim 3 Astronot ke Stasiun Luar Angkasa yang Masih Dibangun

Anton Suhartono · Kamis, 17 Juni 2021 - 10:59:00 WIB
China Kirim 3 Astronot ke Stasiun Luar Angkasa yang Masih Dibangun
Roket Long March 2F China membawa pesawat luar angkasa Shenzhou-12 meluncur dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan (Foto: Reuters)

JIUQUAN, iNews.id - China meluncurkan pesawat luar angkasa untuk mengirim tiga awak ke stasiun luar angkasa yang masih dalam pembangunan, Kamis (17/6/2021). 

Stasiun luar angkasa China berada di orbit terendah Bumi. Ketiga astronot itu akan berada di sana selama 3 bulan, sebagai bagian dari total 11 misi berawak dan nirawak yang direncanakan guna merampungkan pembangunan.

Roket Long March 2F yang mengangkut pesawat Shenzhou-12 meluncur dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan, Provinsi Gansu, pukul 09.22 waktu setempat Beijing, menuju modul stasiun luar angkasa Tianhe, seperti dikutip dari Reuters.

Shenzhou-12 merupakan misi ketiga atau pertama yang mengirim manusia ke luar angkasa. Dari total 11 misi, empat di antaranya mengirim awak ke stasiun luar angkasa. China menargetkan stasiun luar angkasanya akan rampung pada akhir 2022.

Konstruksi sudah dimulai pada April lalu dengan meluncurkan Tianhe. Modul ini merupakan yang pertama dan terbesar dari tiga yang rencananya membentuk stasiun luar angksa.

Ketiga astronot yang diterbangkan ke Tianhe adalah Nie Haisheng (56), Liu Boming (54), dan Tang Hongbo (45).

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2