China Operasikan Rudal Hipersonik Baru, Diklaim Bisa Tembus Sistem Pertahanan Musuh

Anton Suhartono ยท Rabu, 21 Oktober 2020 - 07:35:00 WIB
China Operasikan Rudal Hipersonik Baru, Diklaim Bisa Tembus Sistem Pertahanan Musuh
Pesawat pengebom H-6N China membawa rudal hipersonik terbaru (Screengrab: Weibo)

HONG KONG, iNews.id - China dilaporkan telah mengoperasikan rudal jelajah hipersonik terbaru untuk memperluas kemampuan serangan Angkatan Udara, menembus pertahanan musuh.

Dua sumber militer China mengatakan, senjata tersebut merupakan versi upgrade dari rudal Changjian sehingga jangkauan dan kecepatannya menjadi lebih baik. Dengan kemampuan terbarunya, rudal udara ini diklaim dapat menembus sistem pertahanan musuh.

Sebuah video yang beredar di platform media sosial Sabtu pekan lalu menunjukkan rudal terbaru itu dibawa oleh pesawat pengebom H-6N dari pangkalan udara yang tak diidentifikasi.

Bentuknya menyerupai DF-17, rudal balistik hipersonik yang digunakan oleh Tentara Pembebasan Rakyat yang mampu membawa hulu ledak konvensional dan nuklir.

“Changjian-20 telah ada lebih dari satu dekade. Karena negara-negara lain berlomba untuk mengembangkan sistem pertahanan yang lebih maju serta senjata hipersonik lainnya, sudah waktunya bagi Angkatan Udara China untuk mengembangkan rudal, dengan menambah jangkauan serangan," kata sumber tersebut, dikutip dari South China Morning Post (SCMP), Rabu (21/10/2020).

Dia menambahkan, kemampuan serangan Angkatan Udara China terkendala oleh jangkauan pesawat pengebom. Untuk jajaran pengebom H-6, hanya varian H-6N yang mampu mengisi bahan bakar di udara.

Kondisi ini mendorong AU untuk meningkatkan daya jelajah rudal guna mengurangi masalah jangkauan.


Editor : Anton Suhartono