China Turunkan Jabatan Kepala Kantor Urusan Hong Kong dan Macau, dari Direktur Jadi Wakil

Anton Suhartono ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 13:39 WIB
China Turunkan Jabatan Kepala Kantor Urusan Hong Kong dan Macau, dari Direktur Jadi Wakil

Zhang Xiaoming (tengah) (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - China mencopot direktur Kantor Urusan Hong Kong dan Macau, Zhang Xiaoming, Kamis (13/2/2020). Keputusan ini diambil saat Hong Kong dilanda unjuk rasa besar-besaran oleh massa prodemokrasi.

Dewan Negara mengungkap, jabatan Zhang turun menjadi wakil direktur Kantor Urusan Hong Kong dan Macau yang tugasnya menjalankan operasional harian.

Posisinya akan ditempati pejabat senior dari pemerintah pusat, Xia Baolong. Xia merupakan pejabat senior yang sebelumnya menjabat Sekjen Komite Nasional Badan Penasihat Politik China.

Disebutkan pula, ada dua orang lagi yang akan mengisi posisi wakil direktur. Luo Huining, kepala kantor penghubung China untuk Hong Kong serta Fu Ziying yang mengepalai kantor penghubung Macau mengisi posisi wakil direktur tersebut, namun mereka tetap mempertahankan jabatan sebelumnya.

Pergerseran posisi ini terjadi di tengah kerusuhan politik Hong Kong yang berlangsung sejak Juni 2019. Kisruh politik membuat kota administratif itu terpuruk dalam kondisi terparah sejak diserahkan dari Inggris ke China pada 1997.

Kantor Urusan Hong Kong dan Macau merupakan otoritas pengambil kebijakan utama China untuk dua wilayah itu.

Editor : Anton Suhartono