Covid Varian Omicron Picu Ketakutan Global

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 27 November 2021 - 06:08:00 WIB
Covid Varian Omicron Picu Ketakutan Global
Ilustrasi penemuan varian baru Covid-19. (Foto: Dok. BNPB)

JENEWA, iNews.id – Penemuan varian baru Covid-19 bernama omicron memicu ketakutan global pada Jumat (26/11/2021). Banyak negara bergegas untuk menangguhkan perjalanan dari Afrika Selatan, tempat galur virus itu pertama kali terdeteksi. 

Sementara itu, pasar saham besar dunia mengalami penurunan terbesar dalam lebih dari setahun terakhir, menyusul pengumuman tentang kehadiran strain virus corona tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, varian omicron dapat menyebar lebih cepat daripada varian-varian lain. Bukti awal pun menunjukkan, ada peningkatan risiko infeksi ulang terhadap mantan pasien Covid setelah terpapar virus varian baru itu.

Para ahli epidemiologi memperingatkan, kebijakan pembatasan perjalanan mungkin sudah terlambat untuk menghentikan peredaran omicron secara global. Mutasi baru virus itu pertama kali ditemukan di Afrika Selatan. Sejak itu, strain Covid-19 tersebut juga terdeteksi di Belgia, Botswana, Israel, dan Hong Kong.

Amerika Serikat bakal membatasi perjalanan dari Afrika Selatan dan negara-negara tetangga, efektif mulai Senin (29/11/2021), menurut seorang pejabat senior di pemerintahan Presiden Joe Biden. Kanada juga menyatakan akan menutup perbatasan ke negara-negara tersebut, menyusul larangan penerbangan yang diumumkan oleh Inggris dan yang lainnya.

Sayangnya, masih dibutuhkan waktu berminggu-minggu bagi para ilmuwan untuk sepenuhnya memahami mutasi varian tersebut. Penelitian lebih lanjut diharapkan dapat memberikan penjelasan apakah vaksin dan perawatan yang ada saat dapat secara efektif untuk melawan varian tersebut.

Varian omicron adalah galur kelima dari Covid-19 yang menjadi perhatian alias variant of concern (VOC) dari WHO.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: