Cuaca Buruk, Peluncuran Roket Ruang Angkasa Korsel Sempat Ditunda

Umaya Khusniah ยท Rabu, 15 Juni 2022 - 13:57:00 WIB
Cuaca Buruk, Peluncuran Roket Ruang Angkasa Korsel Sempat Ditunda
Roket ruang angkasa Nuri Korea Selatan. (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Transportasi roket ruang angkasa Nuri ke landasan peluncuran di Korea Selatan terpaksa ditunda. Keputusan ini diambil lantaran cuaca buruk melanda Korsel pada Selasa (14/6/2022). 

Dilansir dari Kantor Berita Yonhap, awalnya roket ruang angkasa Nuri akan diluncurkan dari landasan peluncuran di Naro Space Center, Goheung, desa pesisir selatan negara itu, Rabu (15/6/2022). Namun pada Selasa, angin kencang melanda wilayah tersebut. 

"Angin kencang bertiup di Pusat Antariksa Naro, dan ada kemungkinan angin bisa tumbuh lebih kuat," kata media tersebut mengutip Kementerian Sains.

Peluncuran tersebut merupakan percobaan kali ke kedua. Percobaan pertama dilakukan delapan bulan lalu sekitar Oktober namun belum sepenuhnya berhasil.

Kementerian mengatakan akan sulit untuk memastikan keselamatan pekerjanya dalam cuaca buruk seperti itu.

Peluncuran selanjutnya diharapkan berlangsung pada Kamis (16/6/2022) setelah konsultasi antara pemerintah dan Institut Penelitian Dirgantara Korea. 

Pada bulan Oktober tahun lalu, Korea Selatan melakukan peluncuran luar angkasa pertamanya dari Nuri seberat 200 ton. Roket itu berhasil terbang ke ketinggian target 700 kilometer (435 mil). 

Sayang roket gagal menempatkan satelit tiruan ke orbit. Pasalnya, mesin tahap ketiganya terbaka lebih awal dari yang diharapkan.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda