Daftar Negara Penghasil Batubara Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Rilo Pambudi ยท Kamis, 19 Mei 2022 - 19:05:00 WIB
Daftar Negara Penghasil Batubara Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?
Daftar Negara Penghasil Batubara Terbesar di Dunia (Foto: Chalabal/Elements Envato)

JAKARTA,iNews.id- Daftar negara penghasil batubara terbesar di dunia menarik untuk diulas. Batu bara kini memang menjadi salah satu sumber daya tambang primadona.

Mengutip data dari Trading Economics, harga batubara per hari Rabu (5/18/2022) bertengger di level USD412,4 per ton atau sekitar Rp6,075 juta (kurs Rp14.700). Nilai tersebut merupakan harga jual tertinggi kedua sepanjang bulan Mei 2022.  Puncak harga tertinggi sepanjang tahun 2022 terjadi pada 7 Maret yakni di angka USD423,6 per ton. Salah satu pemicu panasnya harga batu bara tahun 2022 adalah perang antara  Rusia dengan Ukraina.

Akibat invasi yang dilakukan Putin ke Ukraina, sejumlah negara mendesak larangan impor batu bara dari Negeri Beruang Merah itu. Hal itu berpengaruh pada harga pasar batu bara dunia. Larangan impor batubara dari Rusia secara tidak langsung membuat pasokan dunia berkurang. Pasalnya, Rusia merupakan salah satu eksportir batubara terbesar di dunia.

Meskipun begitu, Rusia bukanlah negara eksportir batubara paling banyak di dunia. Bahkan, predikatnya tidak masuk dalam lima besar penghasil batubara dunia. Sebagai eksportir, justru Indonesia yang menjadi nomor satu di dunia. Berdasarkan data statista.com, ekspor batubara Indonesia mencapai 455 juta ton pada tahun 2019. 

Kementerian ESDM mencatat, ekspor batubara Indonesia pada tahun 2021 menembus angka 435 juta ton. Jumlah itu mengalami kenaikan tipis dibandingkan tahun 2020 yang mencapai 433,8 juta ton. Meski menjadi negara eksportir batubara terbesar dunia, Indonesia bukanlah negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Lantas siapakah negara penghasil batubara terbesar di dunia?

Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, berikut ini adalah 5 negara penghasil batu bara terbesar di dunia:

1. China 

Data Statistical Review of World Energy menyebutkan, China mengukuhkan diri sebagai negara produsen batubara terbesar di dunia pada tahun 2021. Hal itu relevan dengan data dari statista.com yang menyebutkan bahwa China menyumbang lebih dari 50 persen produksi batu bara di seluruh dunia pada 2020.

Tahun lalu, China tercatat mengeruk batu bara sebanyak 3,9 miliar ton. Posisi China sebagai negara nomor satu penghasil telah terwujud sejak 2007 dengan angka produksi sebesar  2,53 miliar ton. Sementara untuk cadangan batu  hitam terseb, China berada di urutan ketiga dengan angka 143,1 miliar ton.


2. India

India tercatat sebagai negara penghasil batubara terbesar kedua di dunia. Produksi batubara Negeri Hindustan itu  mencapai 756,5 juta ton pada tahun 2020. Sementara itu, India memiliki cadangan batubara sebanyak 111 miliar ton. Bersama China, India menjadi negara kedua terbesar pengimpor batu bara dengan angka 247 juta ton.

3. Indonesia

Sebagai penghasil batubara, Indonesia duduk di posisi ketiga terbesar di dunia. Produksi batubara Indonesia tahun 2020 mampu mencapai 562,5 juta ton. Sementara pada tahun 2021, produksi batubara Indonesia mengalami kenaikan dan mampu mencapai angka 606,2 juta ton. 

Statistical Review of World Energy mencatat bahwa Indonesia masih memiliki cadangan batubara sebanyak 34,8 miliar ton. Angka cadangan tersebut tentu masih  kalah jauh dibanding India dan China. Kendati demikian, Indonesia merupakan negara pengekspor terbesar.

4. Amerika Serikat

Negara adidaya Amerika Serikat tampaknya tidak begitu berambisi mendapat predikat penghasil batubara terbesar di dunia. Padahal, kemampuan teknologi serta cadangan batu baranya serta supremasi modal, Amerika Serikat jelas menduduki peringkat teratas.

Amerika bisa saja menjadi negara penghasil dan eksportir batubara terbesar sejagat. Bagaimana tidak, cadangan batu hitam Negeri Paman Sam itu menjadi yang terbesar di dunia dengan angka 249,9 miliar ton. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda