Debat Pilpres AS, Mikrofon Trump dan Biden Akan Dimatikan kecuali Ketika Jawab Pertanyaan

Anton Suhartono ยท Selasa, 20 Oktober 2020 - 09:15:00 WIB
Debat Pilpres AS, Mikrofon Trump dan Biden Akan Dimatikan kecuali Ketika Jawab Pertanyaan
Debat pilpres AS, mikrofon Donald Trump dan Joe Biden akan dimatikan kecuali saat menjawab pertanyaan dari moderator (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Komisi Debat Kepresidenan Amerika Serikat (AS) akan mematikan mikrofon Donald Trump dan Joe Biden dalam debat capres AS terakhir pada Kamis mendatang.

Mikrofon keduanya akan dimatikan, kecuali saat mereka diminta menjawab pertanyaan dari moderator.

Aturan ini diterapkan untuk menghindari interupsi yang bisa mengganggu jalannya acara seperti terjadi saat debat Pilpres AS putaran pertama bulan lalu.

Setiap kandidat akan diberi waktu 2 menit untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan moderator. Hanya mikrofon kandidat tersebut yang menyala dan satunya lagi dimatikan.

Setelah kedua kandidat menjawab beberapa pertanyaan, dilanjutkan dengan diskusi terbuka. Saat itu mikrofon tidak akan dimatikan.

"Komisi berharap para calon saling menghormati waktu satu sama lain," demikian pernyataan komisi, dikutip dari AFP, Selasa (20/10/2020).

Manajer kampanye Donald Trump, Bill Stepien, mengecam keras aturan baru ini. Dia bahkan menuduh komisi membela Joe Biden.


Editor : Anton Suhartono