Demo Besar Tolak Kudeta, Jalan di Kota-Kota Myanmar Jadi Lautan Manusia

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 22 Februari 2021 - 14:40:00 WIB
Demo Besar Tolak Kudeta, Jalan di Kota-Kota Myanmar Jadi Lautan Manusia
Kolase foto aksi demonstrasi di kota-kota seluruh Myanmar, hari ini, yang beredar di media sosial. (Foto: Istimewa)

YANGON, iNews.idDemonstrasi besar-besaran menolak kudeta militer berlangsung di seluruh Myanmar, hari ini. Ratusan ribu warga turun ke jalan di berbagai kota di negara Asia Tenggara itu.

Sejumlah foto yang beredar di media sosial pun menunjukkan pemandangan di jalan-jalan Myanmar tak ubahnya lautan manusia. Pemandangan itu terutama didapati di Kota Yangon, Naypyitaw, Mandalay, dan Dawei. 

Selain itu, kerumunan massa juga memadati jalan di Kota Paungde, Taungoo, Bago, Penwegon, dan Hinthada.

Saat dikonfirmasi iNews.id, salah satu warga Yangon membenarkan foto-foto tersebut. “Yes, Brother. These are the true photos. We are inside Myanmar (Betul, Saudaraku. Foto-foto ini asli. Kami sedang berada di Myanmar),” ujar lelaki yang hanya minta disebutkan nama depannya sebagai Chit itu, Senin (22/2/2021).

Para aktivis penggerak massa menamai demonstrasi akbar hari ini sebagai Aksi 22.2.2021, merujuk pada tanggal berlangsungnya unjuk rasa tersebut.

Sebelumnya, para penentang kudeta militer Myanmar menyerukan mogok kerja massal di secara nasional di negara itu. Mereka juga mengancam akan melakukan lebih banyak protes jalanan, hari ini. 

Seruan itu muncul setelah dua pengunjuk rasa ditembak mati aparat di Mandalay, kota terbesar kedua Myanmar, akhir pekan lalu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2