Demonstran Rusia Minta Alexei Navalny Dibebaskan

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 31 Januari 2021 - 16:37:00 WIB
Demonstran Rusia Minta Alexei Navalny Dibebaskan
Tokoh oposisi Rusia, Alexei Navalny. (Foto: Instagram)

MOSKOW, iNews.id – Polisi menahan lebih dari 500 orang dalam sejumlah aksi unjuk rasa di Siberia dan Timur Jauh Rusia, Minggu (31/1/2021). Unjuk rasa itu digelar para pendukung Alexei Navalny, tokoh oposisi yang sangat vokal mengkritik Kremlin.

Para pendemo turun ke jalan untuk memprotes pemenjaraan Navalni. Mereka tak lagi peduli dengan suhu dingin yang menggigit maupun ancaman penangkapan oleh aparat.

Unjuk rasa itu menjadi bagian dari gerakan untuk menekan penguasa Rusia agar membebaskan Navalny. Menurut rencananya aksi massa serupa juga akan berlangsung di Ibu Kota Moskow dan kota-kota lain pada Minggu malam waktu setempat.

Navalny kini muncul sebagai lawan politik paling menonjol bagi Presiden Rusia, Vladimir Putin. Pria itu ditangkap pada 17 Januari setelah kembali ke Moskow dari Jerman. 

Sebelumnya, dia dirawat di Jerman akibat keracunan zat saraf di Rusia musim panas lalu. Dia menuduh Putin memerintahkan pembunuhannya. Namun, tuduhan itu telah dibantah Kremlin.

Polisi Rusia mengatakan, aksi unjuk rasa untuk saat ini belum diizinkan. Karenanya, setiap kegiatan demonstrasi akan dibubarkan.

Menurut organisasi pemantau aksi demonstrasi Rusia, OVD-Info, sampai sejauh ini sudah ada lebih dari 4.000 orang ditahan aparat dalam aksi unjuk rasa serupa yang digelar akhir pekan lalu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2