Detik-Detik Joe Biden Memasuki Gedung Putih dengan Pengawalan Sangat Ketat

Anton Suhartono ยท Kamis, 21 Januari 2021 - 13:32:00 WIB
Detik-Detik Joe Biden Memasuki Gedung Putih dengan Pengawalan Sangat Ketat
Joe Biden dan Jill Biden tiba di Gedung Putih dengan pengawalan sangat ketat, tak seperti pelantikan presiden biasanya (Foto: Reuters)

"Hanya beberapa hari setelah massa huru-hara mengira bisa menggunakan kekerasan untuk membungkam keinginan rakyat, menghentikan pekerjaan demokrasi kita, mengusir dari tanah suci ini, itu tidak akan terjadi. Ini tidak akan pernah terjadi. Tidak hari ini, tidak besok, dan selamanya," kata Biden, sat pidato pelantikan.

Dinas Rahasia selaku pengawal presiden dan wakil presiden Amerika Serikat sempat menangkap satu orang pada Jumat lalu karena berusaha mendekati Gedung Putih.

Orang yang diketahui asal Virginia tersebut mencoba memasuki pos pemeriksaan di area terlarang dekat Gedung Putih membawa senjata ilegal dan 500 amunisi.  Kasus ini tampaknya ditangani secara lokal karena kepolisian Washington DC dan kepolisian Gedung Capitol tidak melaporkan adanya penangkapan.

Departemen Pertahanan sebelum pelantikan juga menarik 12 pasukan Garada Nasional karena kaitan mereka dengan kelompok sayap kanan, dua di antaranya sempat membuat pesan di media sosial yang mengkritik pelantikan Biden.

Secara umum potensi gangguan di acara pelantikan Biden sangat minim. Kondisi ini berbeda dengan pelantikan pada 2017 di mana 217 orang ditangkap karena melakukan kekerasan dalam unjuk rasa pelantikan Donald Trump. 

Hanya sekelompok kecil pengunjuk rasa yang berdiri di luar barikade keamanan saat pelantikan Biden.  

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3