Di Thailand, Demonstrasi Pembunuhan George Floyd Digelar lewat Zoom

Anton Suhartono ยท Senin, 08 Juni 2020 - 08:49 WIB
Di Thailand, Demonstrasi Pembunuhan George Floyd Digelar lewat Zoom

George Floyd (Foto: AP)

BANGKOK, iNews.id - Berbeda dengan negara lain, demonstrasi pembunuhan pria kulit hitam George Floyd di Thailand digelar secara online yakni melalui aplikasi Zoom.

Sekitar 300 warga Thailand dan asing bergabung dalam demonstrasi menentang rasisme dan menyerukan ditegakkannya keadilan terhadap Floyd, melalui layar monitor pada Minggu (7/6/2020).

Demonstrasi terpaksa dilakukan secara online karena Thailand masih memberlakukan pembatasan, termasuk larangan berkumpulnya orang dalam jumlah besar.

Meski demikia para peserta tetap mengikuti demonstrasi layaknya mereka yang turun ke jalalanan yakni dengan menyiapkan berbagai tulisan seperti, ‘I Can’t Breathe’.

Penyelanggara demonstrasi juga memutar video saat Floyd dibekuk dengan ditindih lehernya menggunakan lutut polisi.

“Saya sudah tinggal di tiga benua sekarang. Saya punya teman baik dari komunitas Afrika, yang juga warga Amerika keturunan, dan Anda melihat perbedaan mencolok bagaimana mereka diperlakukan," kata Natalie Bin (28), salah seorang penyelenggara, dikutip dari Reuters, Senin (8/6/2020).

"Setiap orang memiliki harapan, setiap orang memiliki impian, setiap orang berdarah merah, Anda tahu. Ini gila, masih ada kejadian seperti ini di tahun 2020, padahal pada 1963, saat itu Martin Luther King menyampaikan pidato kebebasannya,” ujarnya, menambahkan.

Demonstrasi juga ditandai dengan mengheningkan cipta selama 8 menit dan 46 detik, waktu saat Floyd dibekuk.

Editor : Anton Suhartono