Diam-Diam, AS Siapkan Peta Jalan untuk Normalisasi Hubungan Arab Saudi dan Israel

Anton Suhartono ยท Kamis, 23 Juni 2022 - 12:49:00 WIB
Diam-Diam, AS Siapkan Peta Jalan untuk Normalisasi Hubungan Arab Saudi dan Israel
Amerika Serikat dilaporkan menyiapkan peta jalan untuk menormalisasi hubungan Arab Saudi dengan Israel (Foto: AP)

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat (AS) dilaporkan sedang menyiapkan rencana besar untuk menormalisasi hubungan Arab Saudi dengan Israel. Proyek yang diberi nama Peta Jalan untuk Normalisasi itu disiapkan sebelum kunjungan Presiden Joe Biden ke Arab Saudi pada Juli mendatang.

Laporan media online AS, Axios, mengutip sumber yang mengetahui perkembangan ini, mengungkap kesepakatan mendamaikan Arab Saudi dan Israel disadari tak bisa direalisasikan dalam waktu cepat. Disebutkan, para pejabat AS sedang menyusun gagasan untuk didiskusikan dengan para pemimpin Israel dan Arab Saudi.

Proses normalisasi kemungkinan dilakukan secara bertahap, langkah demi langkah, dan membutuhkan jangka panjang.

Sumber tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai peta jalan yang sedang disiapkan.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Israel Yair Lapid mengatakan pemerintahannya sedang menjalin kontak dengan tiga negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik. Namun Lapid tak menyebutkan nama negara-negara tersebut.  Dia perah mengungkap beberapa negara masuk dalam bidikan untuk didekati, di antaranya Arab Saudi dan Indonesia. 

Kedua negara memiliki arti penting bagi Israel, meski telah menormalisasi hubungan dengan empat negara Arab lainnya, yakni Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, dan Maroko. Proses normalisasi hubungan Israel dengan keempat negara itu juga dimediasi oleh AS, di masa pemerintahan Presiden Donald Trump, melalui kesepakatan yang diberi nama Perjanjian Abraham.  

Dalam beberapa kesempatan para pejabat Saudi menegaskan tak akan menormalisasi hubungan dengan Israel sampai isu Palestina dipecahkan.

Jauh sebelumnya Israel juga sudah menjalin hubungan resmi dengan Yordania dan Mesir. 

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: