Dikecam karena Uji Coba Rudal, Korut: AS Mengambil Langkah yang Salah

Anton Suhartono · Sabtu, 27 Maret 2021 - 05:57:00 WIB
Dikecam karena Uji Coba Rudal, Korut: AS Mengambil Langkah yang Salah
Rudal balistik Korut yang diuji coba pada Kamis 25 Maret (Foto: KCNA via Reuters)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut) menilai pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengambil langkah pertama yang salah terkait komentar mereka soal uji coba rudal balistik terbaru.

AS mengomentari uji coba rudal Korut yang dilakukan pada Kamis lalu sebagai bentuk permusuhan yang mendalam.

Sekretaris Komite Pusat Partai Pekerja Korut Ri Pyong Chol mengatakan, uji coba rudal itu sebagai bentuk pertahanan diri terhadap ancaman dari Korea Selatan (Korsel) dan AS yang pada pekan lalu menggelar latihan perang gabungan.

"Kami mengungkapkan keprihatinan mendalam kepada pemimpin eksekutif AS (Joe Biden) yang menyalahkan uji coba rutin, hak negara kami untuk membela diri, sebagai pelanggaran 'resolusi' PBB dan secara terbuka mengungkapkan permusuhannya yang mendalam," kata Ri, sebagaimana diberitakan kantor berita KCNA, Sabtu (27/3/2021).

Di samping itu, lanjut dia, uji coba senjata ini untuk menyaingi persenjataan canggih kedua negara. Korut harus terus mengembangkan senjata untuk menjaga diri.

"Kami tidak bisa jika tidak membangun kekuatan fisik tak terkalahkan yang secara andal mempertahankan keamanan negara di bawah situasi saat ini, di mana Korsel dan AS terus-menerus menimbulkan ancaman militer sambil terus melakukan latihan perang yang berbahaya dan memperkenalkan senjata canggih," tuturnya.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2