Ternyata Ini Rudal Balistik Korut yang Diuji Coba, Bisa Bawa Hulu Ledak 2,5 Ton

Anton Suhartono · Jumat, 26 Maret 2021 - 10:47:00 WIB
Ternyata Ini Rudal Balistik Korut yang Diuji Coba, Bisa Bawa Hulu Ledak 2,5 Ton
Rudal taktis jarak pendek yang diuji coba Korut pada 25 Maret, bisa membawa hulu ledak 3,5 ton (Foto: KCNA via Reuters)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut), Jumat (26/3/2021), mengungkap senjata yang diuji coba pada Kamis kemarin, yakni rudal taktis jarak pendek terbaru. 

Menurut kantor berita KCNA, senjata tersebut menggunakan teknologi yang sudah ada namun mendapat pembaruan sehingga bisa membawa hulu ledak hingga 2,5 ton.

"Pengembangan sistem senjata ini sangat penting dalam memperkuat kekuatan militer negara serta mencegah segala macam ancaman militer," kata Ri Pyong Chol, pejabat Korut yang mengawasi uji coba tersebut.

Foto-foto yang dirilis media pemerintah tersebut menunjukkan rudal berkelir hitam-putih diluncurkan dari kendaraan militer.

Uji coba pada Kamis itu untuk mengetahui kemampuan rudal dalam melakukan mode lompatan pada ketinggian rendah, sebuah fitur yang membuat senjata lebih sulit dideteksi dan ditembak jatuh oleh musuh.

Seorang pakar rudal dari James Martin Center for Nonproliferation Studies (CNS) di California, Amerika Serikat, mengatakan, rudal itu tampaknya yang pernah ditunjukkan dalam parade militer di Pyongyang pada Oktober lalu.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2